Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 4 No. 1 Juni Tahun 2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA CITRA HARAPAN PERCUT SEITUAN

Zulmawati, Zulmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran kooperatif numbered  heads together terhadap hasil  belajar PPKn siswa pada materi Sumpah pemuda dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di kelas VIII SMP Swasta Citra Harapan Percut Seituan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kealas ( PTK ). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 30 orang . Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model koperatif numbered heads together .  Dari analisis hasil studi tentang pembelajaran yang diperoleh melalui pengamatan kegiatan guru dan siswa dikategorikan baik, dan hasil pembelajaran siswa telah diselesaikan baik secara individu dan klasikal. Pada siklus I hasil ketuntasan yang dicapai yaitu 63 % , karena belum mencapai hasil ketuntasan yang efektif secara klasikal yaitu ≥ 85 %  maka dilanjutkan ke siklus II dan diperoleh hasil ketuntasan klasikal sebesar 90 % atau meningkat 27 %  Dengan demikian implementasi pembelajaran menggunakan model numbered heads together  untuk materi sumpah pemuda dalam bingkai bhinneka tunggal ika dikelas VIII mempunyai pengaruh sehingga meningkatkan dan mempengaruhi hasil belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...