Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2021): Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

ANALISIS PEMBERIAN SCAFFOLDING MELALUI ONLINE FORM UNTUK MENGATASI KESULITAN BERPIKIR SPASIAL MAHASISWA

Mayang Dintarini (Universitas Muhammadiyah Malang)
Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2021

Abstract

Banyak kesulitan dan hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran online, termasuk di dalamnya kesulitan berpikir spasial yang muncul pada perkuliahan Geometri. Sehingga perlu adanya bantuan-bantuan yang diberikan dosen ataupun peneliti untuk mengatasi kesulitan tersebut. Salah satu usaha yang dilakukan yaitu dengan menggunakan online form yang memuat scaffolding. Pada penelitian akan dideskripsikan pemberian scaffolding dalam mengatasi kesulitan berpikir spasial mahasiswa melalui media berbasis online form. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian merupakan 34 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring matakuliah Geometri Analitik. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah lingkaran, yang disajikan dalam online form yang sudah dilengkapi dengan scaffolding. Hasil penelitian sekitar 21% mahasiswa mengalami kesulitan berpikir spasial dalam mengerjakan tiap soal geometri, yang kemudian pemberian scaffolding dapat mengatasi kesulitan tersebut. Rata-rata mahasiswa dapat mengatasi kesulitannya pada pemberian scaffolding kedua dan ketiga.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Delta

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang matematika dan pendidikan. Lingkup matematika meliputi statistik, aljabar, geometri, analisis, komputer, terapan. Sedangkan lingkup pendidikan meliputi pembelajaran matematika, media ...