Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Vol 3 No 01 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)

Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Berbasis Permainan Tradisional Kayu Malele

Hendra Jondry Hiskya (PJKR FKIP Universitas Musamus Merauke)
Emanuel Lewar (PJKR FKIP Universitas Musamus Merauke)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model pembelajaran terbaru yang bersumber pada jenis permainan lokal daerah papua. Anak perlu di edukasi tentang permainan tradisional kayu malele yang sangat kental dengan nilai moral, etika dan budaya yang terkandung di dalamnya. Disamping itu pula permainan tradisional dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reseach And Development (R&D). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Selanjutnya data dianalisa menggunakan uji prosentase. Hasil penelitian adalah hasil dari produk model permainan kayu malele yang dimodifikasi dapat meningkatkan aktivitas gerak siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan makin keingintahuan siswa untuk bermain permainan yang dikembangkan ini dan antusias siswa untuk mengikuti pembelajaran yang dinilai dari aktifitas gerak siswa. Berdasarkan uji coba pemakaian produk yang dilakukan bagi siswa pada SD YPK Kuprik Distrik Semangga, terdapat aspek kognitif 83% sehingga memenuhi kriteria cukup baik. Aspek afektif 80% sehingga memenuhi kriteria cukup baik. Aspek psikomotorik 90% sehingga memenuhi kriteria cukup baik. berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh siswa sudah mempunyai tingkat pengetahuan, sikap dan keterampilan gerak yang mempuni sehingga model permainan layak di lanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

physical

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aims of Musamus Journal of Physical Education and Sport (JPES) is to provide a venue for academicians, researcher, and practitioners of publisihing the original research articles or review ...