Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Hiliserangkai Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA dan siswa kelas VIIIC. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan awal dan tes akhir berupa soal kemampuan pemahanan konsep. Analisis data dilakukan menggunakan uji t dan Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME sama dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Pemahaman konsep siswa berkemampuan awal sedang dan rendah yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020