Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

Shofia Hidayah (Universitas Nurul Jadid)
Wahyu Agung Mustikaning Romadhon (Universitas Nurul Jadid)
Dewi Firda Yuniar (Universitas Nurul Jadid)



Article Info

Publish Date
21 May 2021

Abstract

Banyak siswa SMP berfikir bahwa soal cerita matematika sulit untuk diselesaikan. Oleh karena itu, analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika perlu dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Taksonomi SOLO. Penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Ada 3 subjek pada penelitian ini yaitu siswa dengan kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan kognitif tinggi termasuk ke dalam level relational, siswa ini mampu memahami soal, mampu menyusun rencana penyelesaian, dan menghubungkan informasi-informasi pada soal, sehingga jawaban yang diperolehnya benar. Siswa dengan kemampuan kognitif sedang termasuk ke dalam level multi-structural, siswa ini mampu memahami soal, mampu menyusun rencana penyelesaian, tetapi siswa ini tidak dapat menghubungkan informasi-informasi pada soal, sehingga jawaban yang diperolehnya salah. Siswa dengan kemampuan kognitif rendah termasuk ke dalam level uni-structural, siswa ini mencoba menyelesaikan soal dengan pemahaman terbatas, saat menyelesaikan soal siswa ini hanya menggunakan sebagian informasi yang ada pada soal sehingga jawaban yang diperolehnya salah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...