JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 1 No. 1 (2021): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Edisi Januari - Juni 2021

Efektifitas Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Matematika ditengah Pandemi Covid-19

Syarifuddin Syarifuddin (STKIP Bima)
Hasan Basri (Universitas Madura)
M. Ilham (Mahasiswa Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
Ade Fitri Fauziah (Mahasiswa Pendidikan Matematika, STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui keefektifan pembelajaran daring mahasiswa program studi pendidikan matematika ditengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif eksploratif dalam cakupan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa aktif program studi pendidikan matematika STKIP Bima dan Universitas Madura semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket dalam bentuk google form yang di isi oleh mahasiswa diakhir semester ganjil melalui smartphone atau leptop. Selanjutnya mahasiswa dilakukan wawancara untuk memperoleh informasi pendukung dari angket. Instrumen tersebut berbentuk skala pilihan dan jawaban singkat. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif yang diawali dengan pengelompokkan berdasarkan kategori tanggapan, kemudian mendeskripsikan tanggapan yang berbeda dari mahasiswa. Penelitian ini menemukan kendala dalam proses pembelajaran daring yaitu masalah ekonomi mahasiswa yang dapat berpengaruh kepada kepemilikan handphone sesebagai penunjang utama pembelajaran daring, terkendala pada paket internet atau jaringan wifi, serta jaringan yang kurang baik dilingkungan mahasiswa. Penelitian ini juga mengungkapkan kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran daring pada mata kuliah yang bersifat hitungan dibandingkan dengan mata kuliah yang hanya bersifat teori.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...