Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Vol 2 No 1 (2020): Journal of Vocational Education and Automotive Technology

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERAWATAN SISTEM PENERANGAN DAN SINYAL SEPEDA MOTOR MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN HONDA SUPRA FIT PADA SISWA

Yogie Firmansyah (Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang)
Aunu Rofiq Djaelani (Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang)
Toni Setiawan (Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Firmansyah, Yogie, NPM. C3217220136. Penggunaan Metode Problem Based learning dengan Alat Peraga Honda Supra Fit sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Memahami Dasar-dasar Perawatan Sistem Penerangan dan Sinyal Sepeda Motor pada Siswa Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang. Skripsi. PVTM-O. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas IVET Semarang, 2019. Halaman 230 Tujuan penelitian adalah 1).Untuk mengkaji peningkatan hasil belajar Memahami Dasar-dasar Perawatan Sistem Penerangan dan Sinyal Sepeda Motor melalui metode Problem Based Learning dengan alat peraga Honda Supra fit pada Siswa Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang. 2).Untuk mengkaji peningkatan keaktifan siswa dalam penerapan metode problem based learning dengan alat peraga honda supra fit pada Siswa Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang. 3).Untuk mengkaji peningkatan kinerja guru dalam penerapan metode problem based learning dengan alat peraga honda supra fit pada Siswa Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang telah dilakukan adalah penelitian tindakan kelas tentang seberapa besar peningkatan hasil belajar Dasar-dasar Perawatan Sistem Penerangan dan Sinyal Sepeda Motor pada melalui metode problem based learning dengan alat peraga honda supra fit pada Siswa Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang. Kesimpulan: (1).Metode Pembelajaran problem based learning dengan alat peraga honda supra fit dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan memahami Dasar-dasar Perawatan Sistem Penerangan dan Sinyal Sepeda Motor, pada nilai pengetahuan siswa siklus I dengan presentase ketuntasan klasikal 58,34% dengan rata-rata 74,47 meningkat menjadi 94,44% dengan rata-rata 80,92 pada siklus II. Untuk nilai keterampilan pada siklus I nilai rata-rata sebesar 76,00 dengan ketuntasan klasikal 66,67% meningkat menjadi 97,22% dengan rata-rata 97,22 pada siklus II. (2) metode pembelajaran problem based learning dengan alat peraga honda supra fit dapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 33,33% meningkat menjadi 78,13% pada siklus II. (3) Pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode problem based learning dengan alat peraga honda supra fit dapat secara efektif meningkatkan kinerja guru, pada siklus I persentase peningkatan kinerja guru sebesar 71,67% meningkat menjadi 93,33% pada siklus II. Kata kunci : Hasil belajar siswa, Metode Problem Based Learning, alat peraga Honda Supra Fit

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

joveat

Publisher

Subject

Engineering

Description

This journal aims to publish the results of research studies, scientific studies, and studies on vocational education in automotive technology conducted by researchers, teachers, lecturers, practitioners in the field of vocational education, and automotive ...