Tujuan penelitian ini untuk meningktkan praktikum dan hasil belajarpemeliharaan mesin kendaraan ringan, siswa kelas XI TKR 2 SMK Yasiha Gubug tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan modelProblem Based Learning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktifitas siswa dan lembar soal tes. Lembar observasi digunakan untuk mengukur seberapa aktif siswa dalam mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan dan lembar tes untuk mengukur kemampuan pengetahuan dan praktikum siswa Hasil penelitian dari prasiklus ke siklus I sebesar 25%, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 13,89%. Berdasarkan persentase nilai rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 55,55%, pada siklus I sebesar 80,55% dan pada siklus 2 sebesar 94,44%. Berdasarkan KKM siswa yang tuntas pada prasiklus sebanyak 20 siswa, siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 29 siswa, dan siswa yang tuntas pada siklus II sebanyak 34 siswa. Penerapan modelProblem Based Learning sangat berpengaruh dalam peningkatan keaktifan dan hasil belajar praktikum siswa dalam proses pembelajaran Pemeliharaanmesin kendaraan ringan. Kata kunci: Peningkatan Praktikum, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, ModelProblem based learning
Copyrights © 2019