Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Vol 1 No 2 (2019): Journal of Vocational Education and Automotive Technology

PENINGKATAN KOMPETENSI MEMAHAMI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMBUAT MEDIA SERI PARALEL

Farhan Arima (Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang)
Aunu Rofiq Djaelani (Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang)
Toni Setiawan (Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2020

Abstract

Peningkatan Kompetensi Memahami Rangkaian Listrik Sederhana Melalui Model Project Based Learning dengan Membuat Media Seri Paralel. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengkaji Peningkatan Kompetensi Memahami Rangkaian Listrik Sederhan melalui model Project Based Learning dengan membuat media seri paralel. 2) Untuk mengkaji peningkatan keaktifan siswa dalam Kompetensi Memahami Rangkaian Listrik Sederhana melalui Model Project Based Learning dengan Membuat Media Seri Paralel . 3) Untuk mengkaji kinerja guru dalam penerapan model Project Based Learning dengan membuat media seri paralel. Kesimpulan: 1) Penggunaan model project based learning dengan membuat rangkaian listrik sederhana dapat meningkatkan kompetensi memahami rangkaian listrik sederhana, pada nilai pengetahuan siklus 1 dengan presentase 18% dengan rata-rata 69,72 meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 80,15 pada siklus II. Untuk nilai praktek pada siklus I nilai rata-rata 68,41 dengan presentase 45,45% meningkat menjadi 78,98 untuk rata-ratanya dengan presentase 96,96% di suklus II. 2) Melalui Model Project Based Learning dengan membuat media seri parallel dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 69,08% meningkat menjadi 90,9% pada siklus II. 3) Pelaksanaan proses pembelajaran dengan model project based learning dengan membuat media seri parallel dan dapat secara efektif meningkatkan kinerja guru, pada siklus I presentase peningkatan aktifitas guru sebesar 73,33% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Kata kunci: peningkatan kompetensi, metode project based learning, media seri parallel dan jobsheet.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

joveat

Publisher

Subject

Engineering

Description

This journal aims to publish the results of research studies, scientific studies, and studies on vocational education in automotive technology conducted by researchers, teachers, lecturers, practitioners in the field of vocational education, and automotive ...