Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan Motivasi Belajar baik secara masing-masing atau bersama-sama terhadap Kompetensi Tune Up Mobil siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto dengan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Ma’arif NU Kajen Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 167 siswa, sampel yang menjadi responden sebanyak 120 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Praktik kerja Industri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Tune Up Mobil yang ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0,406 dan thitung lebih besar dari ttabel sebesar 4,831 > 1,658 atau nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, koefisien determinasi = 0,158 yang artinya 15,8% variabel ini mempengaruhi Kompetensi Tune Up Mobil. (2) Motivasi Belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Tune Up Mobil yang ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0,496 dan thitung lebih besar dari ttabel sebesar 6,204 > 1,658 atau nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, koefisien determinasi = 0,240 yang artinya 24,0% variabel ini mempengaruhi Kompetensi Tune Up Mobil. (3) Praktik kerja Industri dan Motivasi Belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Tune Up Mobil yang ditunjukkan dengan nilai Rhitung = 0,518 dan Fhitung lebih besar dari Ftabel sebesar 21,507 > 3,074 atau nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, koefisien determinasi = 0,256 yang artinya 25,6% kedua variabel ini mempengaruhi Kompetensi Tune Up Mobil. Kata Kunci: Praktik Kerja Industri, Prakerin, Motivasi Belajar, Kompetensi Tune Up Mobil.
Copyrights © 2019