Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemahiran berbicara bahasa Arab, (2) materi dalam kemahiran berbicara bahasa Arab, (3) teknik pembelajaran bahasa Arab untuk kemahiran berbicara, dan (4) permainan yang bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab untuk kemahiran berbicara. Kemahiran berbicara merupakan salah satu kemahiran dari empat kemahiran berbahasa Arab yang harus dikuasai oleh siswa. Penguasaan terhadap kemahiran ini akan sangat membantu siswa terutama dalam berkomunikasi dengan penutur Arab. Materi pelajaran bahasa Arab untuk kemahiran berbicara terbagi dalam dua hal, yaitu: bentuk wacana dan topiknya. Bentuk wacana terdiri atas deskripsi, narasi, argumentasi dan eksposisi. Sedangkan bentuk topik, yaitu: seputar diri, sosial, budaya, dan ilmiah. Teknik pembelajaran yang bisa digunakan terbagai menjadi dua, yaitu: latihan asosiasi dan identifikasi, dan latihan percakapan. Dalam latihan percakapan terdapat beberapa teknik, yaitu: tanya jawab, menghafalkan dialog, percakapan terpimpin, percakapan bebas, bercerita, diskusi, dan wawancara. Selain teknik di atas, teknik lain yang bisa digunakan adalah dengan permainan. Tujuan permaian tidak hanya untuk mengurangi kejenuhan dan kecapean dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, namun permainan juga bertujuan untuk menyempurnakan materi pelajaran bahasa yang telah diajarkan. Di antara permainan yang bisa diterapkan dalam pembelajaran berbicara adalah berbicara spontan, cerita bersambung, dan gambar berilham. Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Kemahiran Berbicara, Inovatif
Copyrights © 2020