Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 6 (2020): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI

KAJIAN TEORITIS MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Afiffah Vinda Prananingrum (Unknown)
Ikhwan Nur Rois (Unknown)
Anna Sholikhah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

AbstrakBahasa Arab merupakan hal yang wajib dipelajari oleh umat islam. Pembelajaran bahasa Arab membutuhkan suatu media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki peran sebagai penentu keberhasilan atas berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Terdapat tiga jenis media yang berupa sam'iyah, bashariyah, maupun sam'iyah bashariyah. Media pembelajaran yang baik adalah yang relevan dengan materi ajar, sehingga media yang digunakan tidak selalu harus dengan elektronik, namun bisa dengan media sederhana yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis media pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kajian pustaka (library research) yang mengambil sumber data dari teori-teori yang relevan. Teknik analisi data kami menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini membahas seputar pembelajaran bahasa Arab, definisi media pembelajaran bahasa Arab, fungsi media pembelajaran bahasa Arab, tujuan dan manfaat media pembelajaran bahasa Arab, macam-macam dan karakteristik media pembelajaran bahasa Arab, dan standar pemilihan media pembelajaran bahasa Arab.Kata kunci: Kajian teoritis: Media Pembelajaran, Bahasa Arab.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...