Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi
Vol 4 No 2 (2020): Ath-Thariq

HEGEMONI MELALUI MEDIA FILM BELAKANG HOTEL DALAM PERSPEKTIF ISLAM

muthia muthiabalqis balqis (universitas lampung)
Tina Kartika (Universitas Lampung)
Agam Anantama (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2021

Abstract

Kemajuan sebuah kelompok dapat dilihat dari peran seorang pemimpin yang mengemban tugas dan tanggung jawab dari setiap kegiatan yang telah direncanakan. Pemimpin erat dikaitkan dengan sebuah hegemoni yang terjadi di dalam suatu kelompok dengan cara menyetujui nilai-nilai ideologis dari seorang pemimpin. Berdasarkan film karya Watchdoc dengan judul “Belakang Hotel”, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk hegemoni yang dikaitkan dengan teori Antonio Gramsci. Konsep hegemoni yang terdapat pada film tersebut adalah budaya, hegemoni, intelektual, dan negara. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik simak catat dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat berdaya berhasil mengambil hak atas air yang diperlihatkan dalam empat konsep hegemoni diantaranya kebudayaan, hegemoni, intelektual dan negara. Secara keseluruhan film ini dapat membangun kesadaran masyarakat agar dapat melakukan perlawanan jika terdapat ketidakadilan yang merugikan seperti dalam ajaran Islam. Selain itu melalui film ini menjadi pembelajaran bagi pemerintah agar memperketat perizinan serta memantau langsung pembangunan di kota Yogyakarta.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ath_thariq

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ath-Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi adalah jurnal penelitian yang khusus mempublikasikan naskah hasil penelitian tentang dakwah dan komunikasi yang belum dipublikasikan. Diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Metro. Terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. ...