Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 3 No 1 (2021): April

Peran Orang Tua dalam Pendampingan Anak Usia SD/MI dalam Pembelajaran Online di Saat Pandemi Covid-19

Eka Rahayu (Unknown)
Vivin Agustin Anggraini (Unknown)
Siti Nurhasanatul Islam (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2021

Abstract

This article aims to find out what parents role while accompanying children during the Covid-19 pandemic. The method used is a case study through filling out a questionnaire. The results showed that in general, the role of parents was as a guide, educator, carer, developer and supervisor. In particular, the roles that arise are: maintaining and ensuring children to continue learning even though it is done online, assisting children in doing school work, doing joint activities while at home, creating a comfortable environment for children, establishing intense communication with children, guiding and motivating children, provide education. Guidance is needed for parents to help support children's needs-based activities during the pandemic. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran orang tua selama mendampingi anak belajar di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus melalui pengisian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum peran orangtua adalah sebagai pembimbing, pendidik, penjaga, pengembang dan pengawas. Secara khusus peran yang muncul yaitu: menjaga dan memastikan anak untuk tetap belajar di rumah meskipun dilakukan secara online, mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah, melakukan kegiatan bersama selama di rumah, menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak, menjalin komunikasi dengan anak, membimbing dan memotivasi anak, memberikan edukasi. Diperlukan panduan bagi orang tua dalam membantu mendampingi kegiatan anak yang berbasis pada kebutuhan anak selama pandemi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

auladuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Auladuna merupakan jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dikelola oleh Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Kegurua Institut Agama Islam Al-Falah As-sunniyyah Kencong. Jurnal Auladuna mencakup tentang pendidikan terutama dalam, kajian, aplikasi teori, hasil penelitian, dan pengajaran dalam ...