Jurnal Komunikasi Pendidikan
Vol 5, No 2 (2021)

Pembelajaran Berbasis Riset untuk Meningkatkan Kemampuan Multipel Representasi Mahasiswa dalam Memahami Soal HOTS

Apriliana Drastisianti (Universitas Islam Negeri Walisongo)
Dante Alighiri (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2021

Abstract

Mahasiswa pendidikan kimia sebagai calon guru kimia harus menguasai kompetensi guru salah satunya kompetensi pedagogik. Upaya untuk membekali mahasiswa pendidikan kimia agar memiliki kompetensi tersebut salah satunya dengan membuat soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa pendidikan kimia dalam membuat soal HOTS berbasis multipel representasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall yang berupa 10 tahap, tetapi dibatasi hanya sampai tahap 7. Pengambilan data dilakukan dengan lembar angket, uji coba soal, dan wawancara. Soal-soal yang dibuat oleh mahasiswa dikategorikan berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom dan diperoleh 40 soal dengan rincian soal ranah C1 30%, C2 17,50%, C3 15%, C4 22,50%, C5 10%, dan C6 5%. Soal dengan kategori HOTS sebanyak 15 soal (37,50%). SoalĀ  HOTS tersebut dianalisis lebih lanjut dan diperoleh reliabilitas sebesar 0,78 (tinggi) dan 11 soal memenuhi kriteria sehingga dapat digunakan. Kemampuan multipel representasi mahasiswa dalam menyusun soal HOTS mengalami peningkatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komdik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Komunikasi Pendidikan is in the development of communication science, culture and media. The change of society is dynamically proportional to the growth of the increasingly diverse fields of communication science. The Jurnal Komunikasi Pendidikan review lies in two important elements of ...