MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 11, No 1 (2021): MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen

PENGARUH DAYA TARIK PERASAAN BERSALAH DALAM PESAN DONASI TERHADAP PERILAKU DONASI KONSUMEN

Dwinita Laksmidewi (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)
Reinandus Aditya Gunawan (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Perilaku konsumen mendonasikan barang atau uang untuk amal saat ini telah banyak berubah. Perlu daya tarik kreatif dalam pesan donasi agar program amal lebih berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah perasaan bersalah dalam pesan donasi dapat mempengaruhi intensi donasi konsumen. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen, dengan partisipan konsumen milenial muda. Hasil Studi 1 menunjukkan bahwa perasaan bersalah berpengaruh signifikan terhadap intensi berdonasi, dimediasi oleh perceived consumer effectiveness. Diterapkan pada pesan donasi, hasil Studi 2 memperlihatkan bahwa pesan donasi yang menggunakan daya tarik perasaan bersalah menimbulkan empati dan rasa tanggungjawab yang berpengaruh signifikan pada intensi berdonasi, dan dimediasi oleh perasaan bersalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Mix

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen is a journal that publishes the results of empirical research that has strong novelty with reference to the latest journals and contributes greatly to scientific development in the fields of Management: Finance, Marketing, Human Resources, and ...