Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan
Vol 5 No 1 (2021)

Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Online Collaborative Learning di SMK Negeri 1 Kandis

M. Fadhly Farhy Abbas (Universitas Lancang Kuning)
Herdi Herdi (Universitas Lancang Kuning)
Destina Kasriyati (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2021

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didasari dengan adanya permasalahan dan kebutuhan guru-guru SMK Negeri 1 Kandis dalam hal model pembelajaran berbasis informasi teknologi (IT). Para guru di sekolah mitra memiliki pengetahuan yang minim terhadap model pembelajaran berbasis IT. Dan, para guru tersebut memiliki waktu yang kurang untuk mengikuti pelatihan atau workshop dikarenakan kesibukan mengajar dan mengurus kegiatan administrasi sehari-hari. Target luaran dari kegiatan ini adalah publikasi ilmiah pada jurnal nasional khusus pengabdian masyarakat ber-ISSN. Seiring dengan hal tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan selama kurang lebih 1 tahun, mulai dari melakukan tahap analisis situasi, melakukan pelatihan, hingga pembuatan luaran kegiatan pengabdian. Kegiatan analisis situasi berupa observasi lapangan dan wawancara kepada guru, kemudian kegiatan pelatihan meliputi kegiatan pelatihan dan pendampingan penerapan model pembelajaran berbasis Online Collaborative Learning, dan disertai dengan diskusi dan tanya jawab kepada peserta kegiatan. Terakhir, pembuatan luaran kegiatan berupa penulisan artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional ber-ISSN.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diklatreview

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal Diklat Review (Online ISSN: 2598-6449| Print ISSN : 2580-4111) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in April, Agustus dan December. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...