JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol 2 No 1 (2020): January Edition

Permasalahan Proses Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus Hiperaktif di Sekolah Luar Biasa Negeri Martapura

Lisa Roniyati (STKIP NURUL HUDA SUKARAJA)
Ratih Purnama Peritiwi (STKIP Nurul Huda Sukaraja)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2020

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya mengetahui permasalahan proses pembelajaran anak hiperaktif dan bagaimana cara penanganan yang dilakukan oleh guru. Karena setiap anak pasti menggalami banyak permasalahan pembelajaran tidak hanya anak normal namun anak berkebutuhan khusus sangat rentang dalam permasalahan yang mereka hadapi pada proses pembelajaran. Salah satunya yaitu di SLB Negeri Martapura kabupaten OKU TIMUR. Telah diketahui beberapa cara yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan proses pembelajaran pada anak hiperaktif, yaitu dengan menggunakan pendekatan, metode dan media yang menggunakan benda konkrit. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, guru khusus, orang tua dan kepalas sekolah untuk mengetahui permasalahn proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus hiperaktif di SLB Negeri Martapura Kabupaten OKU TIMUR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus hiperaktif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan dan merangkum analisis data yang diperoleh. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan yang dialami anak hiperaktif adalah konsentrasi, ketenangan siswa dan emosional siswa yang sulit terkontrol. Maka diperlukan nya pendekatan yang lebih dilakukan oleh guru khusus dan guru kelas. Dari 4 siswa semua menjadi subjek penelitian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...