JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol 3 No 1 (2021): Junuary Edition

Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa di MI Wahid Hasyim Depok Sleman Yogyakarta

Muhammad Sufyan Ats Tsauri (UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
Muqowim Muqowim (Pogram Studi Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan startegi menanamkan karakter melaui pembelajaran bahasa jawa di madrasah ibtidaiyah wahid hasyim depok sleman yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datayang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi yang subjeknya berupa pendidik dan peserta didik. Analisis datadilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu upaya guru dalam memberikan pembiasaan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran bahasa jawa, dapat diterapkan dengan teknik yaitu: memberikan penjelasan mengenai karakter, memberikan pembiasaan terhadap anak agar terbiasa melakukan tingkah laku yang berkarakter, proses pembelajaran yang dilakukan berlangsung secara interaktif,memilih dan mengembang tehnik belajar mengajar yang mempunyai kesempatan paling besar agar tujuan dalam proses belajar mengajar dapat tercapai, dan menambah kegiatan dengan mengaplikasikan tingkah laku dan sikap yang berkarakter

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...