Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Vol. 12 No. 1 (2021): Vol. 12 No. 1 (2021): Vol. 12 No. 1 (2021)

Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Kaca Ukir : “Eka Jaya Glass Art” Gilang Sidoarjo

Darus, Brilian Handika (Unknown)
Nirawati, Lia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

UMKM merupakan bisnis yang bisa dikembangkan salah satunya yaitu kerajinan kaca ukir. Eka jaya glass art merupakan salah satu UMKM di kota sidoarjo yang memiliki produk yang unik. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkangkan UMKM kaca ukir sehingga dapat dikenal oleh masyarakat, dengan dilakukan Analisa bauran pemasaran 4P yang meliputi (product, price, place dan promotion). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisi SWOT. Populasi dalam penelitian ini adalah pihak management dan konsumen UMKM kaca ukir. sampel yang dipilih oleh peneliti berjumlah 47 orang yang meliputi Owner, Sekretaris, Karyawan. Dengan menggunakan Teknik penarikan sample quota sampling. Hasil penelitian ini menunjukan jika analisis IFAS dan EFAS dari UMKM kaca ukir memiliki Skor kekuatan sebesar 2,08 dan skor kelemahan sebesar 1,01. Sedangkan untuk skor peluang sebesar 1,83 dan skor ancaman sebesar 0,87 yang menunjukan posisi UMKM kaca ukir berada di kuadran I yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented Strategi) untuk meningkatkan penjualan kaca ukir eka jaya glass art.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jikb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, ...