Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yang akan menghasilkan data berupa data deskriptif berupa kata-kata berkenanaan dengan subjek yang akan diteliti. Penelitian termasuk jenis fenomenologi karena mendeskripsikan kejadian berdasarkan fenomena yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri 211/IX Mendalo Darat. Jumlah subjek ada 31 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik model Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap disiplin siswa sudah baik. Hal tersebut dilihat dari sebagian besar siswa kelas VI sudah taat akan tata tertib sekolah, hadir ke sekolah tepat waktu, mengerjakan tugas dengan baik, dan melaksanakan piket kebersihan kelasnya dengan penuh tanggungjawab.Kedisiplinan siswa di sekolah tumbuh karena guru membuat tata tertib kelas, memberi tambahan nilai kepada siswa yang cepat mengerjakan tugas, dan membuat jadwal piket kelas.
Copyrights © 2020