Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2021)

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri

Irma Meirawati Handayani (Ahmad Dahlan University)
Dwi Sulisworo (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Teknologi Informasi sangat mendukung proses belajar mengajar  dalam pembelajaran matematika, namun pada kenyataannya dalam kegiatan pembelajaran masih  sedikit guru yang memanfaatkan TIK, padahal jika guru menggunakan TIK dalam proses pembelajaran  dapat membantu peserta didik dan guru tersebut dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran matematika berbantuan aplikasi Geogebra terhadap  pemahaman konsep peserta didik pada materi transformasi geometri dengan model Discovery. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini dilakukan di SMP VIP  Al-Huda Kebumen kelas IXA. Instrumen yang digunakan berupa angket respon online peserta didik, angket  respon online guru dan tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji coba penggunaan aplikasi Geogebra dalam pembelajaran transformasi geometri, dari seluruh aspek pernyataan dari angket respon  peserta didik dan respon guru diperoleh persentase rata-rata respon adalah 89,7%, begitu juga dengan  tes hasil belajar peserta didik yang sudah mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal). Dengan demikian tingginya persentase respon peserta didik dan hasil belajarnya membuktikan bahwa  penggunaan aplikasi Geogebra dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam  pembelajaran transformasi geometri berbasis discovery learning, Implikasinya jika dalam setiap pembelajaran menggunakan  media yang tepat maka akan meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan meningkatkan prestasi belajarnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equation

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics ...