Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi
Vol 15 No 2 (2020): Juli - Desember 2020

PERILAKU PEDAGANG PADI DITINJAU DARI SOSIOLOGI EKONOMI ISLAM DAN ETIKA BISNIS ISLAM

Agus Koni (STEI Al-Amar Subang)
Ade Albayan (STEI Al-Amar Subang)
Irma Mandasari Hatta (STEI Al-Amar Subang)
Wawan Kurniawan (STEI Al-Amar Subang)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi perilaku pedagang beras ditinjau dari Sosiologi Ekonomi Islam dan Etika Bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat memberikan kontribusi pada usaha beras di Desa Karanghegar Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku pedagang padi ditinjau dari sosiologi Ekonomi Islam Unsur kecurangan untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya, terkait dengan sikap kejujuran sangat sulit diterapkan dengan alasan mereka rugi. Perilaku pedagang padi ditinjau dari Etika Bisnis Islam yakni Perilaku pedagang padi dalam transaksi tidak sesui dengan etika bisnis ada unsur kecurangan, penghianatan, ingkar janji, Pedagang padi tidak paham tentang etika bisnis islam, etika bisnis islam sangat asing di telinga mereka, dikarenakan pedagang padi tersebut berpendidikan rendah, dan dalam sistem pembayaran dilakukan secara kekeluargaan dan kepercayaan tidak tuntutan hukum perdata ke pengadilan. Kemudian ada perilaku pedagang padi yang sesuai dengan etika bisnis diantaranya diakhir pembayaran mereka saling mendoakan antar pedagang dan petani , petani mengucapkan semoga mendapat untung yang banyak dan juga pedagang mengucapkan semoga uangnya bermanfaat dan dapat kebeli tanah sawah lagi. Kata Kunci: Perilaku, Sosiologi ekonomi islam, etika bisnis islam

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

VL

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi Jurnal ini berisi tentang penelitian di ranah manajemen, sumber daya manusia, bisnis, marketing, dan ...