Thinking Skills and Creativity Journal
Vol 3, No 2 (2020): October

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATEMATIKA

Monaningsih, Sagita Fredrika (Unknown)
Pusari, Wahyu Ratna (Unknown)
Setia W, M. Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi siswa yang merasa kesulitan dalam mengerjakan soal matematika tentang kemampuan pemecahan masalah (materi pengukuran), siswa kurang mampu memahami masalah yang menyebabkan siswa kesulitan mengubah soal cerita kedalam kalimat matematika. Hal tersebut disebabkan oleh karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang efektif.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa SD Negeri 01 Tawangrejo Pati pada pembelajaran matematika setelah diterapkan model Problem Based Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa kelas II di SDN 01 Tawangrejo kabupaten Pati.Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 01 Tawangrejo Pati yang berjumlah 22 siswa. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas II yaitu 22 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk Sampling Jenuh.Hasil analisis setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan bahwa hasil uji ketuntasan rata-rata kemampuan pemecahan masalah diperoleh thitung  = 5,53 dan ttabel = 2,07 jadi thitung>ttabel  maka HO ditolak dan Ha diterima berarti rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas II SDN 01 Tawangrejo Pati mempunyai ketuntasan rata-rata mencapai KKM 75. Pada uji t diperoleh thitung = 7,41 dan ttabel = 2,07, jadi thitung>ttabel maka kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas II SDN 01 Tawangrejo Pati sesudah menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah supaya model pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam mengajar supaya kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baikKata kunci: model Problem Based Learning,Kemampuan Pemecahan Masalah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

TSCJ

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Chemistry ...