Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu inovasi pembelajaran digital untuk warga belajar Paket C dalam menghadapi new normal pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian literatur dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh warga belajar Paket c dari inovasi pembelajaran digital, antara lain: (1) Warga belajar terbiasa dengan penggunaan teknologi; (2) Mewujudkan kemandirian belajar; (3) Mahir mengakses materi atau bahan ajar dari internet; (4) Meningkatkan aspek kewirausahaan dengan pemanfaatan online marketing; dan (5) Terampil berkomunikasi sebagai bagian dari masyarakat global. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu usaha yang sungguh-sungguh dari penyelenggara dan tutor program paket C untuk melakukan suatu inovasi dalam pembelajaran digital, sehingga warga belajar Paket C tetap bertahan di masa pandemik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021