Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia
Vol 3, No 1 (2020): April

Model Pembelajaran Savi Berbasis Tri Kaya Parisudha Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Sukadana, Gede Tunas (Unknown)
Suniasih, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA pada siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran inovatif yang dapat menarik siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan Intac Group Comparison. Jumlah populasi sebanyak 124 siswa kelas IV. Sampel yang digunakan adalah 62 siswa yang diperoleh berdasarkan teknik random sampling. Dalam Penelitian ini data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda, dan dianalisis dengan uji-t polled varians. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan rumus Fisher. Hasil analisis thitung = 2,210 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 60 diperoleh ttabel = 2,000, karena harga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan H0 diolak dan Ha diterima. Dengan nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha 79,467, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional 76,188. Sehingga berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPMu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia is a peer-reviewed open-access journal for scholars, practitioners, and students of multicultural education. Committed to promoting educational equity for diverse students, cross-cultural understanding, and global justice for marginalized people in all ...