Kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan program layanan BK dibutuhkan agar mereka dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan perubahan situasi pembelajaran, Metodelogi, dan pola belajar siswa yang semakin baru dan kekinian. Namun seringkali mahasiswa mengeluhkan kesulitan untuk menemukan ide kreatif berkenaan dengan program yang akan dikembangkan. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang dirasakan mahasiswa dalam berkreativitas, sehingga dapat menjadi acuan dalam pegembangan strategi perkuliahan selanjutnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan memberikan angket kepada 51 orang sampel penelitian, jawaban pada setiap indikator dipersentasekan kemudian dibandingkan presentase terbesar yang menunjukkan hambatan mahasiswa dalam berkreativitas Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa kurang senang dalam berkreativitas dan merasa tidak yakin dengan ide kreatif yang dimiliki. Faktor budaya yang tidak terbiasa bebas berkespresi diperkirakan yang menjadikan hambatan tersebut ada. Oleh karena itu proses pembelajaran yang harus diterapkan adalah menstimulasi mahasiswa untuk bebas mengekspresikan pemikirannya, contohnya dengan banyak melakukan brainstorming.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020