JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Vol 6, No 1 (2020): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS TKELAS V DI MI AL-KAROMAH TALANG OGAN

Muhayanti, Siti (Unknown)
Yulia, Liyan Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas V MI Al-Karomah Talang Ogan. Selain itu metode pembelajaran Al- Qur’an Hadist yang digunakan belum sesuai yang diharapkan. Metode yang digunakan masih monoton dan klasik seperti ceramah, hafalan, dan penugasan. Tujuan dari penilitian ini adalah Untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas V MI Al-Karomah Talang Ogan dengan menggunakan pembelajaran kontekstual. Metode penelitian ini adalah tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas V MI Al-Karomah Talang Ogan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari Dimana dapat dilihat dari peningkatan rata-rata perolehan skor dari siklus I sebesar 74,5 atau 77%. Kemudian meningkat pada siklus II sebesar 81,98 atau 100% dimana meningkat sebesar 23%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPGMI

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) eISSN 2580-1759; pISSN2477-1848 Journal is published by Research and Community Service Institution STIT Al Multazam. JPGMI aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum ...