Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan perpustakaan di SD Negeri 2 Bolopleret. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan anara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi metode. Analisis data dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Perencanaan perpustakaan meliputi program kerja perpustakaan jangka panjang dan jangka pendek. Anggaran diperoleh dari APBS dan Komite. Pengorganisasian dengan susunan struktur organisasi perpustakaan dibentuk untuk meningkatkan dengan masing-masing tugas sesuai dengan bidang layanan. Pelaksanaan layanan perpustakaan menggunakan layanan sirkulasi terbuka dengan klasifikasi sesuai dengan klasifikasi DDC, sistem pengolahan bahan pustaka meliputi kegiatan inventarisasi, pengecapan, klasifikasi umum, labeling, katalog, shelving, dan filling. Proses evaluasi dilaksanakan rutin setiap tahunnya dengan mendata jumlah koleksi buku dan pengunjung serta peminjaman buku.
Copyrights © 2022