Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam
Vol 9, No 2 (2020): Desember

STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAQ PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA DI SLB MUHAMMADIYAH DEKSO KALIBAWANG

Istikomah Istikomah (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)
Hafidh Nur Fauzi (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Dalam pendidikan luar biasa atau pendidikan khusus anak berkelainan, memiliki istilah penyimpangan eksplisit yang ditujukan kepada anak-anak yang yang dianggap memiliki kelaianan penyimpangan dari kondisi rata-rata anak normal pada umumnya. kelainan tersebut dapat terlihat dari fisik, mental maupun karakteristik perilaku sosial. Peserta didik tunagrahita sangat memerlukan pendidikan serta layanan khusus yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SLB Muhammadiyah Dekso Kalibawang, dapat disimpulkan metode yang digunakan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak pada anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Muhammadiyah Dekso Kalibawang Kulonprogo adalah metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, metode tanya jawab, dan metode latihan/ drill. Metode yang dipakai dengan cara berganti-ganti di setiap pertemuan untuk menghindari kebosanan pada peserta didik tunagrahita.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

almanar

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Jurnal AL Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam ini harus meliput tentang pendidikan Islam baik sebagai bentuk dakwah dengan integritas pendidikan sebagai realitas sosial yang dinamis dan terus berubah. Jurnal ini juga bertujuan menjembatani kesenjangan antara pendidikan Islam dan dakwah ...