Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan dari pengembangan bahan ajar berbentuk komik doujinshi interaktif pada materi penggunaan skala pada denah dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. menurut Thiagarajan, tetapi hanya menggunakan tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar validitas materi, Bahasa, dan konstruksi lalu lembar kepraktisan dan keefektifan dari lembar respon, aktifitas dan hasil belajar. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 26siswa kelas V B pada uji kepraktisan dan 29 siswa kelas V C pada uji efektifitas. Hasil uji validitas dengan skor rata-rata 3,82 yang berkategori valid sedangkan kepraktisan dengan skor rata-rata 4,17yang berkategori praktis, lalu hasil uji efektifitas dengan skor rata-rata 4,31 yang berkategori sangat efektif, hal ini berarti bahan ajar berbentuk komik doujinshi interaktif pada materi penggunaan skala pada denah dalam kehidupan sehari-hari pada penelitian ini sudah dikatakan valid, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2020