Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 4 No 3 (2020): Desember

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

fransiska, fransiska (Unknown)
Maizora, Syafdi (Unknown)
Yensy, Nurul Astuty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi lingkaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII C SMPN 7 Kota Bengkulu. Pemahaman konsep ditingkatkan dengan peserta didik belajar dengan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), soal latihan yang memuat indikator pemahaman konsep dan diberikan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan LKPD dan memahami materi. Persentase pencapaian seluruh peserta didik untuk setiap indikator pemahaman konsep dari pra siklus hingga siklus I secara berturut-turut yaitu 46,09%;61,22% dengan pencapaian tiap indikator yaitu ; (1) menyatakan ulang konsep : 57,14%;69,09%. (2) mengklarifikasi objek atau sifat sesuai konsepnya : 60,71%;85,71%. (3) memberikan contoh dan bukan contoh : 80,95%;88,1%. (4) menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis : 53,37%;66,67% (5) mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup : 33,33%;70,24%. (6) menggunakan atau memanfaatkan operasi tertentu : 15,47%;17,86%. (7) mengaplikasikan konsep dan algoritma dalam pemecahan masalah 21,43%; 30,85%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...