Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 1 (2020): Vol 7, No 1 (2020), Maret 2020

PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA SMPN 1 SASAK RANAH PASISIE

Petriani Mahyudin Ritonga Ahmad Lahmi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2020

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pendekatan CTL terhadap : 1)motivasi siswa 2) hasil belajar pada pembelajaran PAI di kelas VIII 3 SMP Negeri 1Sasak Ranah Pasisie, Pasaman Barat. Adapun jenis riset ini adalah kuantitatif deskriptif. Sampel riset ini siswa Kelas VIII3 SMPN1Sasak Ranah Pasisie yang berjumlah 33 orang. Sampel tersebut diambil berdasarkan pada teknik purposive sampling. Data dianalisis secara statistik menggunakan model regresi korelasi. Hasil dari analisis data memperlihatkan : 1) pendekatan CTL memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar yang dibuktikan oleh nilai rhitung (0,760) > rtabel (0,296) pada signifikansi 0.05, dan rhitung (0,760) > rtabel (0,4093) pada signifikansi 0.01, dan antara pendekatan CTL dengan hasil belajar dengan nilai rhitung (0,753) > rtabel (0,296) pada signifikansi 0.05, dan kemudian uji regresi sebesar 30% dengan R Square adalah 0.303. 2) Terdapat pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar terlihat dari hasil d rhitung (0,753) > rtabel (0,296) di taraf 0.05, dan rhitung (0,753) > rtabel (0,4093) pada signifikansi 0.01, sebesar 50% dengan R Square adalah 0.509.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inovasipendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, ...