Jurnal Eduscience (JES)
Vol 7, No 2 (2020): Jurnal Eduscience (JES)

INTERNET LITERATE DALM UPAYA MENANGKAL CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA

Tita Tri Antika Pangestuti (Unknown)
Nurul Hidayati (Unknown)
Ratna Wulandari (Unknown)
Enggal Miftahul Jannah (Unknown)
Unik Hanifah Salsabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

AbstrakInternet sebagai salah satu alat yang mempermudah manusia untuk berkomunikasi dan mencari berbagai informasi. Internet memiliki banyak kegunaan dan dampak positif, namun internet juga dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, terutama untuk kalangan remaja sebagai pengguna terbesar. Salah satu dampak negatif yang timbul adalah cyberbullying. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan teknik analisis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa korban cyberbullying mengalami tindak cyberbullying dalam bentuk pencemaran nama baik, peretasan dan pengucilan. Dampak jangka pendek yang dialami korban adalah muncul rasa marah dan emosional, sedangkan dampak jangka panjang dapat meyebabkan korban tidak ingin berhubungan langsung dengan pelaku hingga menghindari lingkungan sosial, tidak/ dan ada unsur ingin membalas dendam. Internet literate disertai pengawasan menjadi langkah penting untuk menghindarkan remaja dari cyberbullying.Kata Kunci: Cyberbullying, Remaja, Internet Literate.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...