Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia
Vol 3, No 2 (2021)

Pelatihan Membuat Konten Promosi di Media Sosial bagi UMKM Mitra Masjid

Sri Mustika (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)
Andys Tiara (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)
Tellys Corliana (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak tidak saja pada masalah kesehatan, tetapi juga ekonomi dan sosial. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan laju penularan Covid-19 ikut menekan laju perkembangan ekonomi. UMKM mitra masjid Al Ikhlash, Jati Padang, Jakarta Selatan tidak terkecuali ikut terdampak. Peluang berdagang di seputar masjid tidak ada lagi, sehingga mereka mengalami penurunan pemasukan. Salah satu cara untuk mempertahankan keberlangsungan usaha adalah dengan memanfaatkan media digital. Sayangnya, mereka masih asing dengan media digital. Tim PKM FISIP UHAMKA berusaha untuk turut serta memberikan solusi bagi permasalahan UMKM dengan memberikan penyuluhan mengenai dasar-dasar kewirausahaan, mengenal target pasar, pengenalan media sosial, konten-konten promosi di media sosial dan praktik pembuatan konten promosi melalui salah satu platform online. Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengakrabkan peserta dengan media sosial guna meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan UMKM Mitra Masjid dalam memasarkan produknya. Pelatihan yang dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan ini berjalan dengan baik. Hasilnya, pemahaman peserta mengenai media sosial dan pentingnya berpromosi secara daring meningkat. Selain itu, para pelaku UMKM mitra Masjid Al Ikhlash Jati Padang yang semula masih kurang semangat kewirausahaannya melalui pelatihan ini meningkat. Mereka perlu terus didorong untuk berinovasi, berpikir dan bertindak kreatif, berani bersaing, dan memiliki keterampilan menggunakan media digital. Pelatihan-pelatihan semacam ini perlu diadakan secara rutin, agar para pelaku UMKM mitra masjid mampu bersaing pada era digital.Kata Kunci: Covid-19, Konten Promosi, UMKM, Media Sosial

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang layanan masyarakat. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia berfokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang layanan ...