Pendidikan karakter mandiri pada anak yatim merupakan salah satu cara membentuk karakter bagi anak yatim dalam berkehidupan sosial bermasyarakat. Dalam penelitian ini untuk mengerahui, bagaimana implentasi pendidikan karakter mandiri pada anak dan faktor pendukung pendidikan karakter mandiri pada anak yatim di Panti Muhammadiyah Pagesangan Surabaya. dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif, dengan informan 5 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri pada Anak Yatim di Panti Muhammadiyah Pagesangan Surabaya sesuai dengan Eti Nurhayati, secara psikososial kemandirian seseorang itu dapat terbentuk melalui atas tiga aspek pokok yakni Kemandirian Emosi, Kemandirian Bertindak dan Kemandirian Nilai. sedangkan implemtasi Pendidikan Karakter Mandiri di panti Muhammadiyah Pagesangan Surabaya meliputi: pertama, Pengembangan Bakat Minat. Kedua, Pelatihan Kepemimpinan. b) Dalam pembelajaran yang terlaksana di panti Muhammadiyah Pagesangan Surabaya, teridentifikasi ada sejumlah faktor yang berperan dalam mendukung proses Pendidikan karakter mandiri pada anak sebagai berikut: pertama, pengalaman belajar. Kedua, Hubungan Interpersonal. Ketiga, Dukungan Lingkungan.
Copyrights © 2020