Pena Islam Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 2 (2020): September

Pendidikan Karakter Mandiri Pada Anak Yatim di Panti Muhammadiyah Pagesangan Surabaya

Moch. Nurcholis Majid (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2020

Abstract

Pendidikan karakter mandiri pada anak yatim merupakan salah satu cara membentuk karakter bagi anak yatim dalam berkehidupan sosial bermasyarakat. Dalam penelitian ini untuk mengerahui, bagaimana implentasi pendidikan karakter mandiri pada anak dan faktor pendukung pendidikan karakter mandiri pada anak yatim di Panti Muhammadiyah Pagesangan Surabaya. dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif, dengan informan 5 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri pada Anak Yatim di Panti Muhammadiyah Pagesangan Surabaya sesuai dengan Eti Nurhayati, secara psikososial kemandirian seseorang itu dapat terbentuk melalui atas tiga aspek pokok yakni Kemandirian Emosi, Kemandirian Bertindak dan Kemandirian Nilai. sedangkan implemtasi Pendidikan Karakter Mandiri di panti Muhammadiyah Pagesangan Surabaya meliputi: pertama, Pengembangan Bakat Minat. Kedua, Pelatihan Kepemimpinan. b) Dalam pembelajaran yang terlaksana di panti Muhammadiyah Pagesangan Surabaya, teridentifikasi ada sejumlah faktor yang berperan dalam mendukung proses Pendidikan karakter mandiri pada anak sebagai berikut: pertama, pengalaman belajar. Kedua, Hubungan Interpersonal. Ketiga, Dukungan Lingkungan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pena

Publisher

Subject

Education

Description

PENA ISLAM: Jurnal Prodi PAI focuses on a critical study of primary education. Investigated the dynamics of learning of islamic educations. Additionally, focus of study examines the development of basic education issues. The scope includes: Islamic studies which include Islamic Education, Islamic ...