Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH

Konsep Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Ahmad Yunus (IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia)
Khoirul Inayah (IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia)
Durrotun Nafisah (IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran konseptual tentang modelpembelajaran problem based learning dalam melatih kemampuan berpikirkristis siswa. Pendidikan IPS pada hakikatnya mempelajari manusia sebagaimakhluk sosial dalam kehidupannya.Sebagai bagian dari proses pembelajaran,konsep problem based learning hadir melatih siswa untuk merangsang rasaingin tahu, sehingga akhirnya mampu menstimulus siswa untuk berfikir kritis.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literaturyang berkaitan dengan hasil penelitian-penelitian terdahulu. Kesimpulan darihasil penelitian yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah problem basedlearning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan kreatif siswa. Metodepengujian menggunakan studi kasus permasalahan lingkungan di sekitarsiswa.Hasil yang diperoleh menunjukkan pembelajaran berbasis masalahberpengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kreatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dirasah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam is publishing scientific papers and the results of lecturer research in the field of Islamic education management and Islamic Education. ISSN : 2621-2838 (Online) and 2615-0212 (Print) The journal aims to provide a forum for scholarly ...