Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH

Integrasi Nilai Agama pada Pembelajaran IPS dalam Membina Self Control Siswa

Mukti Ali (IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia)
Siti Rohmah (IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia)
Nur Hidayati Andrajati (IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi nilai agama denganpembelajaran IPS dalam membina Self control peserta didik melalui pola danpendekatan integratif. Manusia sejatinya merupakan mahluk sosial, makadiperlukan suatu pengendalian diri saat membaur ke dalam lingkungannya.Mengendalikan diri atau Self control merupakan upaya sadar dengan apa yangsedang dilakukan. Memiliki kemampuan Self control yang baik artinya mampumengarahkan ke perilaku positif, begitupun sebaliknya. Pola integrasi yangdibentuk dengan memasukkan nilai agama kedalam pembelajaran IPS dapatmenjadi alternatif secara keseluruhan. Metode penelitian yang digunakan penulisadalah metode penelitian deskriptif dan interpretasi. Kesimpulan dari hasilpenelitian ini adalah agama dan pembelajaran IPS memiliki kesamaan yaitu dapatmenjadi acuan dalam pengembangan diri. Hasil yang diperoleh keduanya dapatmenjadi pembelajaran dalam membina pengendalian diri.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dirasah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam is publishing scientific papers and the results of lecturer research in the field of Islamic education management and Islamic Education. ISSN : 2621-2838 (Online) and 2615-0212 (Print) The journal aims to provide a forum for scholarly ...