Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH

Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)

Noor Rofiq (IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia)
A. Rafiq (IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia)
Muhammad Agus Wardani (IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2020

Abstract

Secara keseluruhan ruang lingkup pembelajaran ips merupakan integrasiindividu terhadap lingkungan sosialnya. Sedangkan model pembelajaranmerupakan startegi pembelajaran dengan prosedur atau pola tersetruktur yangdigunakan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran konseptual yangmengaitkan contoh kehidupan nyata dalam pendekatan tematik integrativepada mata pelajaran IPS. Model konseptual merupakan sebuah modelpembelajran yang mengaplikasikan dalam mengintegrasikan kehidupan sehariharipeserta didik kemudian dijadikan bahan nilai dalam pembelajaran.penelitian ini menggunakan metode library research, dengan menelaah beberapaliteratur mengenai model pembelajaran konseptual yang diaplikasikan kedalammata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sehingga dapat dikatakan,model konseptual merupakan inovasi dalam dunia pendidikan, yang merupakanbentuk pengembangan dari model lama.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dirasah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam is publishing scientific papers and the results of lecturer research in the field of Islamic education management and Islamic Education. ISSN : 2621-2838 (Online) and 2615-0212 (Print) The journal aims to provide a forum for scholarly ...