Pesatnya perkembangan teknologi informasi komunikasi dengan segala dampaknya adalah kenyataan yang tidak dapat dihindari saat ini.Hampir semua orang menggunakan Teknologi dan informasi dalam semua aspek kehidupan sehari-hari. Penggunaan Teknologi dan Informasi sudah masuk dalam dunia pendidikan. Mahasiswa PGPAUD sebagai calon pendidik anak usia dini memiliki peran yang besar memanfaatkan teknologi dan informasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan TIK untuk pengembangan media pembelajaran anak usia dini melalui Microsoft PowerPoint. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sampel 70 orang mahasiswa PGPAUD. Hasil penelitian menunjukkan sebagai besar mahasiswa PGPAUD Universitas Muhammadiyah Pontianak memiliki kemampuan pemahaman dalam pemanfaatan TIK, mereka merancang presentasi dan mengenal lingkungan kerja Microsoft PowerPoint secara efektif, namun pada keterampilan pemanfaatan TIK untuk mengembangkan media pembelajaran anak usia dini dan penggunaan fitur-fitur pada Microsoft PowerPoint masih rendah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021