Semua peneliti pasti punya tujuan untuk menggali informasi dari salah satu hasil dari keunggulan produk itu sendiri pada penelitian kali ini kami ingin membahas mengenai pengaruh inovasi produk, kreativitas produk dan kualitas produk secara serempak terhadap keunggulan bersaing pada kerajinan enceng gondok “LIAR”. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan kerajinan enceng gondok “LIAR”. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) inovasi produk secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (sig = 0,000<0,05; β = 0,416), (2) kreativitas produk secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (sig = 0,000<0,05; β = 0,305); (3) kualitas produk secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (sig = 0,000<0,05; β = 0,343); dan (4) inovasi produk, kreativitas produk, dan kualitas produk secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (sig = 0,000<0,05).
Copyrights © 2020