Jurnal Manajemen dan Bisnis Baja (JUMANIS BAJA)
Vol 3 No 01 (2021): JUMANIS - BAJA Jurnal Manajemen dan Bisnis Banten Jaya Prodi Kewirausahaan Fakul

PENGEMASAN PRODUK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN INDUSTRI KERUPUK EMPING (KRUPING) Studi Observasi Kp. Cilowong Desa Gunungsari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Serang-Banten

Mirza Abdi Khairusy (Universitas Banten Jaya)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2021

Abstract

Industri Krupuk Emping Desa Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang memiliki peluang usaha yang dapat dikembangkan. Namun perlu dilakukan pendampingan dalam hal pengemasan produk agar dapat meningkatkan nilai ekonomisnya. Pendampingan yang dilakukan melalui pelatihan kewirausahaan pada produk khas Desa Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. Kegiatan produksi yang dilakukan masih tergolong sangat sederhana begitu juga dengan aspek pemasarannya. Produk dikemas dengan cara kuno yaitu hanya menggunakan kemasan plastik yang direkatkan dengan lilin dan ada beberapa yang belum menggunakan label. Melalui kegiatan pendampingan pengemasan ini, para produsen Krupuk emping dapat menuangkan kreatifitasnya melalui pemberian label pada masing-masing produk yang dapat menjadi ciri khas tersendiri. Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara berkesinambungan guna menghasilkan produk dengan kemasan yang optimal, selain itu dapat juga sebagai forum kelompok produsen krupuk emping dalam memasarkan produknya.

Copyrights © 2021