Abstrak Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meganalisis pengaruh dari variabel inovasi produk, lingkungan dan orientasi pasar secara simultan maupun parsial terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner yang terdaftar di Rumah BUMN Solo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian menggunakan analisis kuantitatif yang mengambil sampel 40 orang pemilik UMKM Kuliner yang terdaftar di Rumah BUMN Solo. Teknik pengumpulan data pada penelitianpini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data dalam ppenelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inovasi produk tidak berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Lingkungan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji R2 menunjukkan inovasi produk, lingkungan dan orientasi pasar memberikan kontribusi 36,6% terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner yang terdaftar di Rumah BUMN Solo. Kata kunci: Inovasi Produk, Lingkungan, Orientasi Pasar dan Kinerja Pemasaran.
Copyrights © 2021