Permasalahan, bahwa pelanggan PT Indofarma Global Medika di wilayah Surakarta semakin kritis didalam memilih produk obat yang sesuai dengan harapannya. Sejalan masalah tersebut, pelanggan harapannya penting dipenuhi selanjutnya akan loyal. Upaya perusahaan menggalang loyalitas pelanggan amat penting diwujudkan, diantaranya dilakukan melalui peningkatan kualitas pelayanan, produknya berkualitas dan memperkuat citra pada merek. Tujuan, menganalisis kualitas dari pelayanan, kualitas dari produk, dan citra merek pengaruhnya pada loyalitas khususnya pelanggan PT Indofarma Global Medika di wilayah Surakarta. Objek penelitian ini PT Indofarma Global Medika di wilayah Surakarta, sampel 100 responden. Kuesioner sebagai alat kumpul data, regresi linier berganda sebagai analisis data, uji t. Kesimpulan, kualitas pelayanan, kualitas produk serta citra merek terbukti dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan, artinya menerima seluruh hipotesis. Untuk mempertahankan pelanggan agar tetap loyal, perusahaan diharapkan untuk selalu memberikan pelayanan bekualitas, produk ditingktakan kualitasnya, citra positif pada merek juga dikuatkan. Kata kunci :loyalitas, kualitas pelayanan, kualitas produk, citra merek
Copyrights © 2020