JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti)
Vol 1 No 1 (2017)

LITERASI MATEMATIKA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

Nindi Larasati (Universitas Pancasakti Tegal)
Purwo Susongko (Universitas Pancasakti Tegal)
Isnani Isnani (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

Kemampuan Literasi Matematika di Indonesia masih rendah yaitu di bawah rerata OECD (Organization For Economic Cooperation and Development). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1)mengetahui kemampuan literasi matematika pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Pancasakti tegal Tahun Akademik 2016/2017 semester 2. (2)mengetahui hubungan literasi matematika dan kemampuan statistika pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik semester 2. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2016/2017 semester 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitaif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes literasi yang dibuat PISA. Teknik analisis data menggunakan uji descriptives dan uji correlate. Hasil penelitian menunjukan bahwa :(1)Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi memiliki kemampuan literasi matematika yang sedang. (2)ada hubungan yang sangat lemah antara literasi matematika dan kemampuan statistika pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2016/2017 semester 2. Kata Kunci: Literasi Matematika, Statistika, PISA

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpmp

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) aspire to become a journal which contributes to math and science teaching improvement by spreading knowledge that all stakeholder engaged in mathematics and science teaching can be able to benefit from. In addition to original articles, the journal features ...