JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti)
Vol 4 No 1 (2020)

Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Tts Berbasis Blended Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi

Suci Khoerunisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui profil peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik sebelum dan sesudah dengan penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan teka-teki silang dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dengan berbasis blended learning dan mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan teka-teki silang dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dengan berbasis blended learning. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Kota Tegal tahun ajaran 2018/2020 sebanyak delapan kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random. Data diambil dengan menggunakan lembar tes, observasi dan lembar angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji Ngain score. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning tingkat keterampilan komunikasi peserta didik meningkat dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 56.93 dan nilai rata-rata posttest sebesar 83.067 dan tingkat efektivitas model discovery learning berbantuan teka-teki silang berbasis blended learning sebesar 59,21 % menunjukan kategori cukup efektif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpmp

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) aspire to become a journal which contributes to math and science teaching improvement by spreading knowledge that all stakeholder engaged in mathematics and science teaching can be able to benefit from. In addition to original articles, the journal features ...