Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS

rosalina, rosalina (Unknown)
paridjo, paridjo (Unknown)
Ponoharjo, Ponoharjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, dengan model ekspositori. (2) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, lebih baik daripada model ekspositori ditinjau dari kreativitas tinggi. (3) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, lebih baik daripada model ekspositori ditinjau dari kreativitas rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Talang tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak empat kelas, terdiri dari dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar matematika yang telah teruji validitas, reliabilitas, daya beda serta tingkat kesukaran, dan tes uraian untuk mengukur tingkat kreativitas yang telah teruji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama dan uji komparasi ganda, dengan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, dengan model ekspositori. (2) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, lebih baik daripada model ekspositori ditinjau dari kreativitas tinggi. (3) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, lebih baik daripada model ekspositori ditinjau dari kreativitas rendah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...