Penelitian ini berangkat dari kenyataan di SMK Negeri 2 Slawi, pada materi Statistika, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII APHP 1 yang berjumlah 35 siswa belum mencapai hasil yang diharapkan.Penelitian ini difokuskan pada pertanyaan : “Apakah penerapan model Numbered Heads Together (NHT) mampu meningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa kelas XII APHP 1 SMK Negeri 2 Slawi semester gasal tahun pelajaran 2019/2020?”. Metode dalam pengumpulan data adalah teknik tes untuk nilai hasil belajar dan teknik observasi untuk merekam aktivitas siswa dalam pembelajaran. Dari hasil analisis data yang menggunakan deskripsi komparatif, dinyatakan : 1). Kondisi awal, bahwa daya serap klasikal yang merupakan hasil belajar seluruh siswa hanya mencapai 34,29% masih dibawah ketentuan yang telah ditetapkan 80% (kondisi ideal).2).Pada Siklus 1, daya serap klasikal mencapai sebesar68,57% masih dibawah ketuntasan klasikal. 3). Pada Siklus 2, daya serap klasikal mencapai 91,43 % berada diatas ketuntasan kelas yang telah ditetapkan 80%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas XII APHP 1 SMK Negeri 2 Slawi semester gasal tahun pelajaran 2019/2020.
Copyrights © 2020