Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Vol 4 No 01 (2021): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains

Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Fisika

Elinawati Dalimunte (SMP Negeri 1 Peureulak)
Muhammad Yakob (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan langsung dan pendekatan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, sesuai dengan tujuan dari penelitian penulis untuk dapat mengetahui hasil pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe TAI dan melihat perbedaan antara penerapan model pembelajaran tipe TAI dengan pembelajaran langsung. Data ini digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen terhadap materi suhu dan kalor. Ada pengaruh hasil belajar siswa pada materi yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe TAI lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajarn langsung. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TAI pada kelas eksperimen adalah baik. Ini terlihat pada persentase yang telah dirincikan yaitu pendapat siswa terhadap komponen pembelajaran 91,63% senang, 93,3% baru, 93,3% menarik dan berminat untuk mengikuti KBM selanjutnya dengan model kooperatif tipe TAI 94,4%. Kata kunci: TAI, kooperatif, fisika, eksperimen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPFS

Publisher

Subject

Education Physics

Description

GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains merupakan jurnal peer-reviewed, yang diterbitkan secara berkala 2 kali setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samudra. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan ...