cover
Contact Name
Setyoko
Contact Email
-
Phone
+6281378980456
Journal Mail Official
fisikafkip@unsam.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan -Universitas Samudra Jl. Kampus Meurandeh No. 1, Langsa Lama, Kota Langsa - Aceh - 24416
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Published by Universitas Samudra
ISSN : 2715548X     EISSN : 27155498     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains merupakan jurnal peer-reviewed, yang diterbitkan secara berkala 2 kali setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samudra. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains ini berisikan artikel hasil penelitian ataupun hasil kajian studi literatur di bidang kajian Pendidikan Fisika dan Sains Fisika dengan scope: penerapan dan pengembangan model pembelajaran, Pengembangan media pembelajaran, kajian kurikulum, pembelajaran berbasis praktikum dan implementasi aplikasi terapan bidang sains fisika: Garavitasi, Termodinamika, Ilmu Bumi dan Antariksa, sains Kebumian, Sains Komputasi, dll.
Articles 96 Documents
PENGEMBANGAN MODUL BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA Rizky Nafaida
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Vol 1 No 02 (2018): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada materi termodinamika melalui pengembangan bahan ajar berbasis literasi sains. Modul dikembangkan dengan metode Research and Development selanjutnya di uji efektivitasnya pada mahasiswa program studi pendidikan fisika Unsam yang berjumlah 15 orang mahasiswa dengan desain penelitian One Group Pre-Test and Post-Test. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data pengukuran pemahaman konsep mahasiswa sebelum dan sesudah proses pembelajaran serta angket yang dikumpulkan untuk melihat keunggulan dan kelemahan modul dari sudut pandang mahasiswa. Efektivitas modul ditentukan melalui uji statistik t berkorelasi untuk gain rata-rata minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara pemahaman konsep maha siswa sebelum dan setelah penerapan modul. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran dengan modul adalah sangat baik.
Implementasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Media Google Classrom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Setyoko Setyoko; indriaty indriaty
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Vol 1 No 02 (2018): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Merging between conventional learning through face-to-face and online media is very possible to produce effective and meaningful learning for students. The purpose of this study was to determine the effect of the implementation of Blended Learning on improving the learning outcomes of physics education students. This study used a quasi-experimental method with a non-equivalent research design pretest-posttest control group design. The sample of this study was the second semester students of the Samudra University Physics Education who attended the Educational Philosophy course. The sample consisted of 1 class unit and 25 people. The research instruments included the pretest and posttest tests. The results obtained by the value of t count of 8.14 or with Sig (2 -tailed) (0.00) ≥ α (0.05) thus accept Ha and reject H0. This shows that there is the influence of the use of the Google Classroom-based Blended Learning learning model for improving the learning outcomes of physics education students Keywords: Blended Learning, Google classroom, Learning outcomes
Mengidentifikasi Miskonsepsi Fluida Statis pada Mahasiswa Calon Guru Fisika Universitas samudra Kanadhien Zukhruf
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Vol 1 No 02 (2018): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrcat This study is intended to obtain a profile of misconceptions of students of the langsa oceanic physics teacher candidates in statistical fluid material where misconceptions are experienced by prospective physics teacher students. The population of this study was prospective physics teacher students. The method used in this research is descriptive method. The sampling technique uses purposive sampling technique. As for the sample in the study were fifth-semester students who were healthy 19 people, consisting of 3 men and 16 women. Data collection was carried out with the tests selected as many as 20 items that were completed with a matrix of the three-tier test results. Processing and analysis of data using Excel. Through this research, it is known that the level of misconception of students of physics teacher candidates at the University of Samudra is 53%. Based on the results of the analysis of the problem the biggest misconception about number 5 is 78%, because students cannot find errors and mistakes made by wrong intuition, and also not careful the concept of mass meetings. In addition, gifted students who have good concepts are 11%. Keywords: Misconception, statistical fluid, three-tier test.
EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA putri zuhra
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Vol 1 No 02 (2018): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar fisika siswa yang melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan pembelajaran konvensional. Penelitian kueasi eksperimen ini menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian siswa kelas X dan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Pengumpulan data hasil belajar fisika dilakukan dengan metode tes uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigastion adalah 80,07 dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 70,40. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan pembelajaran konvensional.
Pelaksanaan Praktikum Mata Kuliah Fisika Dasar I pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNSAM Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018 Teuku Hasan Basri; Bachtiar Akob
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Vol 1 No 01 (2018): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Based on the Physics Education Study Program curriculum at the FKIP Samudra University, 1st Basic Physics course in the first semester of the lecture, where the course is 4 credits. The learning process, 3 credits of face-to-face process in the classroom, 1 credits carry out lab work in the laboratory. Problem formulation, "How far is the implementation of the 2017/2018 odd semester 1 Physics course practicum in the Physics study program FKIP Samudra University. The purpose of this study is," To find out the practicum of the Basic Physics course 1 odd semester 2017/2018 in physics studies FKIP Samudra University. The population of this study is, "All 2017/2018 odd semester students in the physics study program at the FKIP Samudra University, amounted to 23 people. Sampling was taken by total sampling, so the sample size was 23 people. The data collection method in this study used a questionnaire, which was divided into 23 students data processing methods, using simple statistics namely "percentage formula", namely: . onclusion, based on the results of research and data processing, the authors draw the following conclusions: 1. Basic Physics Practicum 1 semester 2017/2018 in the Physics study program FKIP Samudra University has been implemented, but is still limited to material: Calipers, scrop micrometers and waves . 2. There are basic physics practicum material 1 that have not been carried out in the 2017/2018 odd and fluid semester in optics, although equipment and facilities are available. Keywords: Practicum, Basic Physics 1, Students
Pengaruh Penambahan Air Limbah Tahu terhadap Larutan Garam Soda Kue dan Cuka sebagai Larutan Elektrolit Ayu Aynar Lida Fitri; Dona Mustika; Devi Putri Wahyuni; Lisa Mustika
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Vol 1 No 01 (2018): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada penelitian ini memanfaatkan air limbah tahu yang digunakan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap larutan garam, soda kue dan cuka sebagai larutan elektrolit. Dengan menggunakan alat yaitu multimeter, penjepit buaya, kap ukuran 200 ml, pengaduk, paku beton, kawat tembaga, dan gelas ukur. Sedangkan bahan utama yang di gunakan yaitu air limbah tahu, cuka,garam, baking powder dan air. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu ketika air limbah tahu dicampurkan dengan cuka dengan banyak air limbah tahu 120 ml dan cuka 80 ml arus yang diperoleh yaitu 0,50 dengan tegangan 0 volt, kemudian ketika air limbah tahu di campur dengan baking powder dengan perbandingan 120 ml air limbah tahu dan 80 ml larutan baking powder arus yang diperoleh yaitu 0,09 dengan tegangan 0 volt begitu juga dengan larutan garam yang ditambahkan dengan air limbah tahu 120 ml air limbah tahu dan 80 ml larutan garam menghasilkan arus sebesar 0,78. Sedangkan untuk nyala lampu pada cuka memerlukan 8 kap dengan rangkaian seri dan paralel arus yang diperoleh 0,56 dengan tegangan 6 volt. Untuk larutan garam memerlukan 8 kap dengan arus 0,74 dengan tegangan 6 volt. Sedangkan pada larutan baking powder memerlukan 10 kap lebih untuk menghidupkan lampu dengan terang sedangkan 10 kap lampu yang hidup hanya redup arus yang di peroleh dalam 10 kap yaitu 0,07 dengan tegangan 6 Volt. Kemudian untuk air limbah tahu saja memerlukan lampu 10 kap untuk menghidupkan lampu led dengan keadaan terang arus yang diperoleh yaitu 0,38 dengan tegangan 6 Volt. Membuktikan abhwa limbah tahu berpengaruh terhadap nyala lampu, arus dan tegangan pada masing-masing jenis cairan yang di uji coba dan di teliti. Kata kunci: Larutan, Listrik, Limbah Tahu, Pengaruh,Teganagn.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONVERSI ENERGI GERAK MENJADI ENERGI LISTRIK SKALA LABORATORIUM Muhammad Yakob
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Vol 1 No 01 (2018): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fisika adalah Permasalah utama yang sering terjadi pada pelaksanaan kegiatan praktikum fisika adalah ketiadaan alat/perangkat praktikum yang dibutuhkan dalam memahami konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul konversi energi berdasarkan perangkat konverter energi gerak menjadi energi listrik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan langkah-langkah Define, Design, Develop. Define merupakan hasil observasi lapangan dan analisis kebutuhan pengembangan modul pada praktikum fisika dasar di Laboratorium Dasar Universitas Samudra. Design merupakan tahap perancangan perangkat konverter energi gerak-listrik serta rancangan modul yang sesuai. Develope merupakan tahap pengembangan modul berdasarkan perangkat yang sudah jadi. Pada tahap ini dilakukan expert judgment oleh dosen ahli sebagai bahan revisi. Judgment yang dilakukan adalah menentukan keakuratan instrument/ draft modul baik dari segi isi maupun konstruksi. Produk akhir dari penelitian ini adalah berupa perangkat konverter energi gerak-listrik beserta modul pembelajaran yang telah dikembangkan berdasarkan perangkat konverter. Hasil uji pakar, perangkat dan modul yang dikembangkan secara efektif dapat digunakan dalam kegiatan praktikum fisika dasar
PERANAN PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN SUHU Teuku Hasan Basri; Ilyas Ilyas; Sopian Sopian
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Vol 1 No 01 (2018): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika adalah alat-alat yang tersedia di laboratorium. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 3 Langsa yang berjudul “Peranan Penggunaan Alat Laboratorium Sebagai Media Dalam Pembelajaran Suhu Pada SMP Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019”. Rumusan masalah: “Berperankah alat laboratorium sebagai media dalam pembelajaran Suhu Pada SMP Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian: “ Untuk mengamati peranan alat laboratorium sebagai media dalam pembelajaran Suhu pada SMP Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah, “Seluruh siswa kelas VII semester 1 tahun pembelajaran 2018/2019 SMP Negeri 3 Langsa sebanyak sepuluh kelas dengan jumlah siswa 250 orang. Sedangkan sampel kelas VII 1 dan Kelas VII 2 yaitu 62 orang. Metode untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode “Metode eksperimentasi”. Instrumen dalam penelitian ini : adalah “Tes”, Metode pengolahan data digunakan “t-tes”, menurut Sudjana (2008:239), dirumuskan : Kesimpulan : berdasarkan uji-t yang mempunyai nilai thitung > ttabel, atau 2,9 > 1,67, maka hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan : “ Bahwa alat laboratorium relatif berperan sebagai media dalam pembelajaran Suhu SMP Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Alat Laboratorium, Media , Siswa
ANALISIS KONSEPSI SISWA KONSEP DINAMIKA GERAK Hendri Saputra
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Vol 1 No 01 (2018): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This research is a kind of qualitative descriptive research that aims to determine the level of misconception and understanding of students' concepts on the subject of motion dynamics in one of the State High Schools in West Aceh District Day. This study was conducted on 40 students of class XII majoring in Natural Sciences with sampling techniques carried out by purposive random. Data retrieval is done by means of diagnostic tests and interviews, to distinguish students who experience misconceptions, misconceptions, and concepts that are in accordance with scientific concepts used the CRI (Certain Respondent Index) method. The results showed that the average level of physics misconception of students in the concept of style was 41.64%, 18.36% answers were in accordance with scientific concepts, and as many as 40% of students lacked knowledge. From the results of the study it can be said that the average level of physical misconception of students is high compared to the answers of students who answer questions according to scientific concepts. The high percentage of students who experience misconceptions and students who lack knowledge shows that students' conceptual understanding is still very low. It is expected that the teachers and lecturers can analyze the students' initial conception so that misconceptions can be overcome from the beginning. Kata kunci: Miskonsepsi, Dinamika Gerak, Certain Responden Index)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SIFAT- SIFAT CAHAYA KELAS VIII SMP DARUL ULUM 5 JOMBANG Fina Mafaza; Nur Kuswanti; Oktaffi Arinna Manasikana
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Vol 2 No 01 (2019): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Development besed guided inquiry-based sheet of LKS not used at the time of learning, so the students understand the material difficult be learned. The purpose the purpose of this study is to describe the process of developing a guided inquiry-based worksheet that is valid, practical and effective in the material of Light Traits in SMP Darul Ulum 5 Jombang. The development this study uses the development ADDIE. LKS declared eligible based on the results of the validation by the validator Limited trial conducted on 15 students of class VIII A. LKS valida to 4.00, with a very valid criteria At the first meeting the learning outcomes earned an average of 95.5% and 100% second meeting Student responses get 94.81% Student post-pets results 92%. The conclusions of this research is based guided inquiry LKS eligible for use in the learning process the material properties of light in the SMP Darul Ulum 5 Jombang .

Page 1 of 10 | Total Record : 96